Tips Menghemat Air PDAM Agar Tagihan Tidak Membengkak

PDAM merupakan alternatif lain selain sumur untuk memperoleh pasokan air bersih. Kita semua menyadari betapa pentingnya air bersih bagi kehidupan sehari-hari.

Tips Menghemat Air PDAM

Dengan menggunakan layanan PDAM, Anda dapat berlangganan untuk mendapatkan pasokan air bersih. Sebagai akibatnya, Anda akan dikenakan biaya tagihan setiap bulan sesuai dengan jumlah air yang Anda gunakan. Jadi, semakin boros Anda menggunakan air, semakin membengkak pula tagihan yang harus Anda bayar kepada PDAM.

Untuk menghindari biaya tagihan PDAM yang membengkak, disarankan agar Anda mengurangi penggunaan air PDAM. Berikut ini adalah beberapa tips menghemat penggunaan air PDAM yang mungkin dapat membantu anda.

Pastikan Tidak Ada Keran Air PDAM Yang Bocor

Pastikan tidak ada kebocoran air di rumah Anda. Kebocoran air yang tidak segera diatasi dapat berdampak pada tagihan air PDAM yang harus Anda bayar, meskipun air tersebut tidak digunakan. Oleh karena itu, lakukanlah pemeriksaan berkala pada keran, pipa, dan saluran air lainnya di rumah.

Kemudian, agar dapat mengetahui adanya rembesan pada toilet atau kloset duduk, tambahkan zat warna atau pembersih berwarna ke dalam tangki. Selain itu, perhatikan apakah roda gigi masih berputar meskipun aliran air sudah dimatikan untuk mendeteksi kebocoran yang terjadi.

Gunakanlah Air PDAM Seperlunya saja

Untuk menghemat air dari PDAM di rumah, mulailah dengan tindakan sederhana seperti mematikan keran saat tidak digunakan, misalnya saat menyikat gigi atau mencuci piring. Selain itu, mempersingkat waktu mandi dan penggunaan shower juga dapat membantu mengurangi penggunaan air PDAM secara signifikan.

Menampung Air Sebagai Cadangan

Pada saat musim hujan tiba, Anda dapat memulai untuk mengumpulkan air sebagai cadangan. Taruh ember atau wadah lain di luar rumah, terutama di bawah atap. Air tersebut dapat disimpan dan digunakan untuk menyiram tanaman ketika cuaca sedang kering.

Pastikan untuk selalu menutup wadah atau ember tersebut dengan rapat agar tidak menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk. Air yang sudah anda tamping tersebut dapat anda manfaatkan untuk keperluan mencuci pakaian, kendaraan motor atau mobil. Dengan begitu, maka akan lebih menghemat penggunaan air PDAM.

Gunakanlah Air PDAM secara Efisien

Salah satu cara untuk menghemat penggunaan air adalah dengan mengetahui waktu yang tepat untuk menyiram tanaman saat musim kemarau. Disarankan untuk tidak menyiram tanaman pada siang hari karena panasnya matahari dapat membuat air cepat menguap. Selain itu, hindari juga menyiram tanaman secara berlebihan dan terlalu cepat agar tanah dapat menyerap air dengan baik.

Itulah beberapa tips menghemat air pdam agar tagihan tidak membengkak, semoga dapat bermanfaat.